13 April, 2009

Resolusi Nista

KENISTAAN ABORSI RESOLUSI
Oleh : Iriani Ambar (Parepare- Sulsel)


A. P E N D A H U L U A N

Embriologi resolusi adalah ungkapan paling konyol bagi Gaza, Palestina. Resolusi tetaplah sebuah omong kosong belaka, kendati lahir dari lembaga dunia sekaliber PBB ( Persatuan bangsa – Bangsa ). Sekali waktu Majelis Umum PBB mengeluarkan resolusi 3379 yang memuat bahwa Zionisme adalah bentuk rasisme. Diantara 72 negara turut mendukung resolusi tersebut, 35 menolak dan 35 abstain, sementara resolusi 4686 yang berisi penarikan resolusi 3379 adalah hal yang amat mencengangkan, peta suara berubah drastis, 111 suara yang mendukung penarikan resolusi 3379, hanya 25 suara yang menolak, kemudian menjadilah Zionisme sebuah gerakan warga dunia yang absah .
Resolusi tidak punya kekuatan penggerak hati dan sukar untuk dipahami. Ada lima lusin resolusi PBB yang mengecam, mengutuk, menuntut Israel atas kejahatan yang dilakukan di wilayah Arab, terutama di Palestina, Lebanon dan Suría. Tak ada satupun resolusi yang ditaati dan tidak satu negarapun mampu mendesakkan penaatannya. Bahkan resolusi tersebut ádalah barang mandul, amat mudah gugur, hanya sempat menjadi janin dan dalam banyak peristiwa justru tak pernah lahir.
Aborsi resolusi sah ketika melalui lembaga bernama Veto , yakni hak yang hanya di miliki oleh lima negara, di mana rancangan resolusi atas perilaku kejahatan Israel ádalah pemegang rekor aborsi yang merupakan berkah dari hak veto Amerika Serikat, dan pemerintah Amerika Serikat seolah menutup mata atas skandal Genosida ( Pembantaian massal ) hanya dalam sepekan terakhir beberapa waktu lalu, 428 orang wafat akibat serangan keji Israel, dan dari jumlah tersebut, 68 adalah anak – anak , 33 orang ádalah perempuan, dan 2.200 orang yang mengalami cedera.

B. RESOLUSI ALA YAHUDI

Resolusi gampang terlupakan dan hanya terlihat hebat jika bernomor 1737 menyangkut program nuklir Iran. Resolusi PBB bernomor 465 Tahun 1980 jelas – jelas mengharuskan Israel keluar dari jalur Gaza, Tepi Barat Yerussalem Timur dan Daratan Tinggi Golan. Resolusi tersebut menyatakan Israel tidak punya hak atas wilayah yang dicaplok pada perang 1967, yang terjadi kemudian pembangunan pemukiman Yahudi tetap berlangsung di atas wilayah tersebut, sementara komunitas Palestina harus hidup dalam sekat – sekat.
Pendudukan Israel di wilayah Palestina adalah illegal, meski telah mendapat kecaman dalam lusinan resolusi PBB. Orang – orang sering merasa memiliki dunia dan mendukung apapun tindakan Israel di Tanah Palestina. Via internet penulis menemukan tulisan John Rose ” why Zionism is wrong ”, beliau adalah dosen sosiologi pada Southwark College Universitas metropolitan London. John Rose secara terang – terangan menentang proyek Zionism yang ekspansionis dengan mengorbankan komunitas Arab.
Pada tahun 1948 negara Israel berdiri dengan sepenuhnya mendapat dukungan Inggris, setelah 30 tahun sebenarnya di dahului oleh deklarasi Balfour Nov 1917, dan pada suatu saat kelak negara Zionis harus menjadi kenyataan. Adalah Arthur James Balfour ( 1848 – 1930 ) dari partai konservatif pernah menjabat perdana menteri Inggris dan sebagai menteri luar negeri pada saat deklarasi Balfour dikeluakan, dengan memaklumatkan sebuah janji bahwa di tanah Palestina akan didirikan sebuah negara zionis dan atas upaya Balfour mendapat dukungan dari beberapa negara Barat khususnya Amerika Serikat.
Dengan demikian Inggris sangat berjasa bagi berdirinya negara Israel di tengah bangsa Arab yang kerap tidak berdaya akibat perpecahan yang selalu saja melanda mereka. Ideologi resmi negara Israel, Zionisme menjadi malapetaka baik bagi orang yahudi maupun bagi orang Arab, yang abai terhadap sejarah hidup berdampingan secara damai, ketika itu merupakan norma di seluruh Timur Tengah.

C. KARAKTERISTIK YAHUDI
Zionisme mengklaim , bahwa orang Yahudi punya hak untuk kembali ke tanah Palestina di mana agama Yudaisme berkar dengan tujuan menciptakan sebuah negara Yahudi eksklusif, akan halnya pengakuan Zionis bahwa imperium Romawi telah meruntuhkan wilayah Yahudi di Yerussalem pada Tahun 70 M. Sementara kenyataannya, sebagian besar pemukiman orang - orang Yahudi telah ada di luar tanah Palestina sepanjang masa imperium Romawi dan sesudahnya, diaspora Yahudi telah berkembang dan terdapat misalnya: pusat kerajinan tangan di Kota Iskandaria, Mesir, jauh sebelum berdirinya imperium Romawi.
Disamping itu, juga terdapat pusat agama Yahudi di Babilonia mulai 500 Tahun sebelum imperium Romawi dan masih berlangsung ratusan tahun sesudahnya. Kehidupan orang Yahudi di lingkungan non – Yahudi telah membentuk basis yang real dan dinamis terhadap sejarah Yahudi.
Pada abad pertengahan orang Yahudi memiliki peran dagang perekonomian yang istimewa, namun tidak di izinkan punya tanah sebagai tempat mukim . akan tetapi sebagai pedagang dan saudagar orang – orang Yahudi melayani perekonomian feodal secara tertutup. Di era pencerahan dan revolusi Amerika dan Prancis pada abad ke 18 telah meletakkan dasar dalam mengatasi kecenderungan anti semitisme, dan revolusi tersebut menjamin hak – hak yang sama dan resmi bagi orang – orang Yahudi.
Gesekan antara Yudaisme yang terbebaskan dan gerakan pencerahan melahirkan pemikiran – pemikiran besar Eropa abad ke 19 dan awal abad ke 20 seperti ; Karl Marx, Sigmund Fred, Albert Einstein, dan menjadilah kultur Eropa diperkaya oleh sumbangsih pemikiran para tokoh Yahudi tersebut.
Salah seorang aktivis perdamaian Cristian Peacemaker Teams ( CTP ) berkewargaan Amerika Serikat penganut Kristiani Arthur. G. Gish, menuangkan pengalamannya dalam buku Hebron Journal mengungkapakan bahwa, aktivis Hamas melakukan hal yang tidak berkait dengan kekerasan, mealainkan mendirikan rumah sakit, klinik, memberi bantuan makanan bagi yang memerlukan dan memiliki integritas.
Kemenangan Hamas pada pemilu beberapa tahun lalu, bukan Muslim saja tetapi orang – orang sekuler dan Kristen banyak yang memilih Hamas karena kejujuran yang dimiliki. Jikapun ada yang mengatakan Hamas adalah kelompok teroris ulung, justru Israel adalah kelompok teroris sejati.
Dalam soal Palestina, Barack Obama (sebagai kandidat Presiden dari Partai Demokrat ketika itu ) saat perjamuan di washington DC. American Israel Public Affairs Commitee (AIPAC) berujar; seluruh Yerussalem milik Yahudi dan tidak bisa dipecah. Secara politik yahudi memberikan suara kepada partai demokrat, sementara Kristen – Zionism memberi dukungan terhadap partai Republik . kedua partai tersebut punya komitmen tinggi kepada Israel.
Israel terkenal dengan kecenderungan melakukan kezaliman dan selalu mengingkari janji, candu menyekutukan Allah kendati baru saja melihat Kebesaran dan Kekuasaan Allah membelah laut merah saat mereka menyeberanginya. Baru saja lolos dari kejaran Fir’aun, mereka melihat sekelompok manusia menyembah sapi , merekapun tergoda untuk meminta kepada Nebi Musa as. Agar membuatkan Tuhan sebagai sekutu Allah. Secara jelas QS. Al- A’raaf (7) : 138 membongkar perilaku Yahudi tersebut.

D. P E N U T U P
Sekelumit karakter bangsa Yahudi menyiratkan bahwa bangsa tersebut tidak bersyukur terhadap berbagai nikmat yang Allah berikan, khususnya nikmat kehidupan para Nabi dari keturunan mereka serta berbagai kelebihan dan keistimewaan yang dianugerahkan , dan juga kufur terhadap nikmat kemerdekaan berhasil terselamatkan dari penjajahan, pembantaian dan kejahatan Fir’aun.
Perilaku tidak normal bangsa Yahudi membunuh para Nabi, membangkang terhadap perintah Allah jika ajaran yang dibawa tidak sesuai keinginan dan hawa nafsu Yahudi, menyembunyikan yang haq, mencampuradukkan antara yang haq dan yang bathil, menyuruh bansa lain berbuat baik, namun mereka tidak melakukan. Intinya Israel adalah bangsa yang tidak beradab. Lantas bagaimana mungkin menaruh harapan terhadap bangsa yahudi untuk bisa beradab terhdap manusia lain, khususnya terhadap kaum Muslim di Palestina ???
Lembaga dan dunia internasional telah menunjukkan kegagalan mendalam untuk menghentikan kebrutalan dan kebiadaban Israel di Palestina . PBB, Uni Eropa, dan Negara – Negara Islam ( OKI ) turut membiarkan pembantaian ratusan orang tak berdaya, tidak hanya menghancurkan rumah – rumah, tetapi juga menewaskan anak – anak dan kaum ibu.
Dunia masih belum berubah, PBB masih mandul, hegemoni Amerika masih berdiri tegak, dan Dunia Arab semakin tak berdaya. Adalah sebuah ilusi jikalau dikatakan Cina , Rusia, Uni Eropa serta Timur Tengah tampil sebagai kekuatan baru dunia, menggerus hegemoni Amerika, pada kenyataannya nyaris tidak bisa berbuat dan menjadi penonton melihat Palestina dimusnahkan .
Saatnyalah yang tepat bagi seluruh bangsa – bangsa dunia yang menentang kejahatan kemanusiaan untuk kembali menyerukan reformasi PBB. Suka atau tidak suka, PBB tidak menjalankan fungsinya secara benar. Indonesia mutlak menjadi pelopor reformasi PBB sebagaimana saat melakukan desakan perubahan di tubuh IMF dan Bank Dunia .
Penggunaan hak veto segelintir negara besar harus dihapuskan. Kantor pusat PBB tidak lagi berada di negeri penjajah Amerika, tapi mutlak dan harus dipindahkan ke negeri yang lebih menghormati dan menjunjung tinggi nilai – nilai kemanusiaan. Cara – cara luar biasa pun harus digunakan, embargo ekonomi, khususnya dalam perdagangan energi, transaksi finansial, dan pertanian dengan Israel dan Amerika Serikat harus diwujudkan. Seruan Mahatir Mohammad agar dunia Muslim tidak lagi menggunakan dollar As dalam perdagangan patut dikedepankan agar kegetiran segera berlalu.
Selanjutnya guna melengkapi khazanah informasi ini bisa saling berkunjung melalui
Blog ini

1 komentar:

  1. by Nur Arifin
    Luar biasa. Sebuah gagasan dan kreativitas yang menunjukkan karya bukan orang biasa. Menjadi orang luar biasa memang harus melakukan sesuatu tidak secara biasa. Yang dikatakan orang sukses dan luar biasa adalah orang yang mau melakukan sesuatu melebihi kewajiban yang menjadi tanggung jawabnya.
    Komentar saya, tulisan itu sangat bagus. Yang perlu diperhatikan adalah EYD. Tolong beberapa penulisan disesuaikan dengan pedoman penulisan bahasa Indonesia yang benar. Misalnya penggunaan tanda -, /, dan (). Kata-kata yang menggunakan tanda tersebut tidak boleh menggunakan spasi. Contoh kata - kata (penulisan salah), yang benar kata-kata. Mental / moral (salah). yang benar mental/moral. ( madu ) salah. yang benar (madu).
    Oke!!!

    BalasHapus