13 April, 2009

Seleksi Tilawatil Quran Tingkat Kota Parepare

ANOTASI SELEKSI TILAWATIL QURAN ( STQ ) TINGKAT KOTA PAREPARE

Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Kota Parepare adalah salah satu bentuk musabaqah menekuni Al-Quran yang merupakan sebaik – baik ibadah dan sebesar – besar kedekatan seorang hamba kepada Sang Khaliq (Allah SWT.),dalam Al-Quran Allah SWT. telah menyimpan semua jenis ilmu ; ada hukum , syari’at, perumpamaan dan kebijakan, nasihat , sejarah juga cerita.

Tidak ada sesuatupun aturan hidup kecuali Allah sudah menjelaskan. Siapapun yang senantiasa bersama Al-Quran niscaya dekat dengan Allah SWT. merekalah yang termasuk manusia paling berhak untuk mendapatkan penghormatan, kemuliaan dan sebaik – baik manusia sebagaimana dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW. yang diriwayatkan oleh Utsman bin Affan ra.

”Sebaik-baiknya kalian adalah orang yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya” (HR.Bukhari).

Pendidikan Agama Islam pada Masyarakat dan Pemberdayaan Masjid (Penamas) adalah Salah Satu Seksi yang ada di Departeman Agama Kota Parepare kerjasama Pemda Kota Parepare menggelar Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Kota Parepare Kamis, 05 April 2009 tepat pukul. 10.15 bertempat di Masjid Al-Adawiyah, Jl. Jenderal Sudirman.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Umum LPTQ mewakili Drs. H. Hamka Karim, M. Ag (Plh. Kepala Kantor Departemen Agama – saat ini sebagai KABAGSET Kantor Wilayah Depag Provinsi Sulawesi Selatan ) Kota Parepare menyemangati, para peserta Lomba STQ bersungguh hati meraih predikat terbaik sebagai bekal belaga di tingkat Provinsi, Nasional bahkan ke level Internasional sekalipun.

Lebih lanjut Drs. H. Safaruddin, M. Ag (Kasubag. TU. Depag Parepare) saat membuka secara resmi acara tersebut, menyampaikan bahwa para pelantun ayat – ayat Suci Al-Quran ibarat cahaya yang secara teus - menerus memberi pencerahan bagi masyarakat dan bangsa.

Karenanya beberapa ayat dalam Al-Quran secara gamblang menjelaskan fungsinya sebagai ”petunjuk bagi orang yang bertaqwa” (QS. Al-Baqarah [2] :2). Petunjuk bagi manusia ”agar selalu berada dalam kebenaran” (QS. Al-Baqarah [2] :186). ”petunjuk dan Rahmat bagi kaum yang beriman ” (QS. An-Nahl [16] :64), ”dan obat penawar bagi penyakit – penyakit” (QS. Yunus [10] :57),
ungkap M. Nawawie Said, S. Ag. (Kasi. Penamas Depag Parepare) selaku sekretaris LPTQ Kota Parepare.

Penamas bertekad membangun keagungan Al-Quran melalui sebentuk kegiatan Seleksi Tilawatil Quran sebagai ajang bagi Qori’ / Qori’ah agar ajaran yang terkandung dalam Al-Quran terejahwantahkan secara berkualitas, melalui proses membaca lafal (tilawah), memahami (tafahum), menginternalisasi (tadabbur) pemahaman terhadap Al-Quran ke dalam kebersadaran diri serta mengaktualisasikan dalam kehidupan sehari – hari ( tajsim), seraya menjadikan Al-Quran sebagai acuan dalam segala aspek.

Beberapa Panitia yang turut aktif berpartisifasi dalam kegiatan STQ diantaranya :
- Thahir Laente, SE (Kabag. Kesra Pemkot Parepare)
- M. Taufiq Thahir, S. Ag
- Iriani Ambar

Turut pula hadir para Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan ;
- H. Naharuddin, S. Ag. (Ka. KUA. Kec. Bacukiki)
- Drs. Amin Iskandar, MA (Ka. KUA. Kec. Ujung)
- Drs. Mas’ud Syafie, MA (Ka. KUA. Kec. Soreang)
memberi support bagi masing – masing Qori’ / Qori’ah yang mereka utus.

Sejumlah Dewan Hakim yang diberi hak khusus memberi penilaian terhadap Qori’ / Qori’ah adalah :


1. Dra. Hj. Rosmiati Bidang : Tajwid

2. Ir. Hasyim : Fashaha

3. Drs. Sudirman Semma : Lagu / Suara

4. Dra. Hasnah Nurdin : Adab Tilawah


Qori’ / Qori’ah yang berhasil menyabet kejuaraan STQ Tingkat kota Parepare ;

1. Drs. Sudirman _Tilawah Tingkat Dewasa _ Juara I (Qori’ )

2. Hamka, S. Pd.I _Tilawah Tingkat Dewasa _ Juara II (Qori )

3. Mustafa _Tilawah Tingkat Dewasa _ Juara III (Qori’)

4. Hj. St. Khadijah _Tilawah Tingkat Dewasa _ Juara I (Qori’ah)

5. Umrah _Tilawah Tingkat Dewasa _ Juara II (Qori’ah)

6. Nurul HasanahDrs _Tilawah Tingkat Dewasa _Juara III (Qori’ah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar